Bea Cukai Kudus Kembali Gagalkan Distribusi 533.000 Batang Rokok Ilegal

784

Kudus (14/07) – Seremonial Kick Off Operasi Gempur Rokok Ilegal telah dicanangkan sebagai #UpayaNyata @beacukairi #JagaIndonesiaKita. Operasi dalam rangka menekan peredaran rokok ilegal ke angka 1% tersebut dilangsungkan untuk periode 7 Juli 2020 s.d. 1 Agustus 2020. Dalam periode tersebut, Bea Cukai Kudus telah berhasil menorehkan dua kali prestasi penindakan.

Usai Sabtu (11/07) kemarin menggagalkan pengiriman rokok ilegal sebanyak 3.792.000 batang, pada Senin (13/07) Tim Pengawasan Bea Cukai Kudus kembali berhasil menggagalkan pengiriman rokok ilegal sebanyak 533.000 batang. Penindakan kali ini tidak lepas dari #sinergi dan kekompakan Bea Cukai Kudus dengan Bea Cukai Tegal.

Tim mengikuti target operasi yang sedang melaju kencang sejak di Jl. Raya Lingkar Demak hingga masuk jalan tol. Saat diketahui mobil tersebut akan melewati jalur Tol Pemalang-Pejagan, segera #BeaCukaiKudus berkoordinasi dengan Tim Pengawasan Bea Cukai Tegal untuk membantu pengejaran.

Di Rest Area KM 294 Jalan Tol Pemalang-Pejagan Tim Bea Cukai berhasil melakukan penegahan. Setelah itu dilakukan pemeriksaan awal terhadap muatan mobil tersebut dengan didampingi security Rest Area. Dari hasil pemeriksaan awal, mobil didapati membawa Barang Kena Cukai berupa #rokokilegal siap edar.

Dari hasil pemeriksaan awal, mobil, sopir SL (37 tahun), dan kenek YA (23 tahun) serta barang bukti dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Ditemukan rokok siap edar tanpa dilekati pita cukai sebanyak 132.000 batang dan rokok siap edar dilekati #pitacukai yang diduga palsu sebanyak 400.000 batang dengan total perkiraan nilai barang sebesar Rp 542.640.000,00 dan total potensi kerugian negara Rp 315.646.240,00” jelas Gatot Sugeng Wibowo, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus.

Gatot menambahkan, Bea Cukai Kudus terus berkomitmen mengawasi peredaran Barang Kena Cukai khususnya rokok sebagai aplikasi menjalankan UU Cukai. Sedhèrèk BCKu pasti cinta Indonesia kan? Kalau begitu, mari bersama kita taati peraturan negara dengan tidak turut serta dalam peredaran rokok ilegal!

#beacukairi
#beacukaimakinbaik
#legalitumudah