Futur dan Keutamaan Bulan Dzulqo’dah

506

Kudus (24/06) – Ustadz Abdul Hadi, ustadz dari Pati, pagi ini menyampaikan tausiyah yang sangat menyentuh hati. Materi bertema langkah-langkah menghadapi futur (malas dalam beribadah) dan keutamaan bulan Dzulqo’dah disimak oleh para pegawai dan PPNPN. Sebagian kecil hadir di Masjid Ghoiru Jami’Al Fattah #BeaCukaiKudus dan sebagian lainnya menyimak secara daring melalui aplikasi pertemuan virtual.

Ustadz menyampaikan bahwa tips menghadapi futur adalah dengan memerangi hawa nafsu. Sebelum kita memerangi hawa nafsu kita harus mengetahui penyebab malas dari kita sendiri. Nabi Muhammad SAW bersabda “Bekerjalah untuk duniamu seakan-akan engkau hidup selamanya dan bekerjalah untuk akhiratmu seakan-akan engkau akan mati besok.” Untuk menghadapi malas, pertama, mengikhlaskan niat hanya untuk Allah. Kedua, tidak menunda-nunda kebaikan. Ketiga, berkumpul dengan orang yang rajin dalam menuntut ilmu.

Kemudian Ustadz juga menjelaskan keutamaan bulan Dzulqadah. Allah SWT berfirman dalam Q.S. At-Taubah ayat 36, “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi. Di antaranya (terdapat) empat bulan haram. Itulah ketetapan agama yang lurus, maka janganlah kalian mendhalimi diri kalian dalam bulan yang empat itu…”