Sinergi Bea Cukai Kudus dan Tegal Gagalkan Pengiriman Rokok Ilegal

966

Kudus (22/06) – Bea Cukai Kudus terus tunjukan komitmennya untuk menggempur peredaran rokok ilegal. Setelah Sabtu (13/06) lalu berhasil menindak mobil yang membawa rokok ilegal, Bea Cukai Kudus kembali menindak sebuah truk boks bermuatan rokok ilegal pada Senin (22/06).

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, menjelaskan bahwa penindakan tersebut merupakan tindak lanjut atas operasi yang dilakukan oleh Tim P2 Bea Cukai Tegal yang menginformasikan tentang akan dilakukannya pengiriman Barang Kena Cukai (BKC) berupa rokok ilegal menggunakan truk boks dari wilayah Jepara. Atas informasi tersebut, Tim Bea Cukai Kudus menyebar jaringan dan melakukan operasi tertutup di wilayah Jepara. Sekitar pukul 00.10 WIB dini hari tadi Tim melakukan penyisiran dan mendapati truk yang dimaksud sedang melaju di wilayah Jepara. Tim segera melakukan pengejaran dan berhasil menghentikan target di Jalan Raya Kudus-Demak.

“Dari hasil pemeriksaan ditemukan rokok jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) dengan merek BOSSINI BLACK yang dilekati pita cukai yang diduga palsu sebanyak 120.000 batang dengan total perkiraan nilai barang sebesar Rp 122.400.000,00 dan total potensi kerugian negara Rp 71.198.400,00,” jelas Gatot.

Seluruh barang bukti, truk, dan pengemudi berinisal SR (31 th) dibawa petugas ke kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kandungan zat dalam rokok ilegal tidak pernah terverifikasi, sehingga sangat membahayakan kesehatan masyarakat. Peredaran rokok ilegal juga merugikan penerimaan negara yang pada akhirnya menghambat pembangunan pada berbagai sektor. Bagi masyarakat yang mengetahui tentang penjualan ataupun peredaran rokok ilegal, kiranya tidak segan melapor ke Kantor Bea Cukai terdekat. Mari berkontribusi untuk kemajuan daerah dan negara kita sekecil apa pun!

#beacukaikudus #gempurrokokilegal #legalitumudah #beacukaimakinbaik