Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY Sambangi Djarum Oasis

821

Kudus (18/6) – Kantor Wilayah Bea dan Cukai Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil BC Jateng DIY) menggandeng Bea Cukai Kudus untuk melakukan kunjungan ke PT. Djarum, tepatnya di Djarum Oasis Kretek Factory atau biasa disebut Djarum Oasis. Djarum Oasis sendiri merupakan sekumpulan blok-blok pabrik Djarum yang berada di Jalan Lingkar Utara, Desa Gondangmanis, Kec. Bae, Kab. Kudus. Selain itu, Djarum Oasis juga memiliki sebuah taman yang indah dan sebuah monumen dari stainless steel yang berbentuk rokok.

Rombongan yang terdiri dari Kepala Kanwil BC Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, serta beberapa Kepala Bidang Kanwil BC Jateng DIY, disambut langsung oleh Direktur Produksi PT Djarum Thomas Budi Santoso bersama dengan GM Produksi, Wibowo Saputro. Dalam kunjungan ini dibahas langkah dan strategi PT. Djarum untuk menghadapi semester kedua tahun 2020 di tengah masa pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 yang belum usai berpengaruh langsung pada daya beli masyarakat serta produktivitas perusahaan. PT Djarum menjelaskan bahwa semester pertama 2020 adalah waktu yang sulit karena adanya pandemi Covid-19. Selain itu, kenaikan tarif cukai dari tahun 2019 ke tahun 2020 juga menjadi salah satu tantangan tersendiri di tahun ini.

Rombongan lalu berkeliling di Djarum Oasis untuk melihat proses produksi rokok Sigaret Kretek Mesin (SKM). Acara ini dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona. Disana dijelaskan proses pembuatan rokok mulai dari bentuk tembakau iris sampai dengan rokok kemasan yang siap edar. Setelah itu rombongan diajak ke pabrik PT Djarum yang memproduksi Sigaret Kretek Tangan (SKT) yang berada di Jalan Dr. Lukmono Hadi. Disitu terlihat para pegawai dengan cekatan melinting rokok secara manual dengan mesin pelinting hingga mengemas rokok siap edar.

Adanya kunjungan dan komunikasi ini diharapkan sinergi antara pemerintah dengan pengguna jasa semakin bagus demi kemajuan bangsa Indonesia.

#beacukaikudus #djarumoasis #rokokkretek