Bea Cukai Kudus Ikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Virtual

474

KUDUS (1/6/2020) – Pagi ini pukul 08:00 WIB seluruh pegawai Bea Cukai Kudus mengikuti Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia mengenai peringatan Hari Lahir Pancasila yang disiarkan langsung dari Istana Kepresidenan Bogor oleh stasiun TVRI dan Live Streaming diantaranya melalui akun Sekretariat Presiden dan Kemenkominfo TV. Tahun lalu, peringatan dilaksanakan dengan mengikuti upacara bendera di seluruh kantor pemerintah. Namun, hari ini, berkenaan dengan sedang berlangsungnya masa darurat Covid-19, peringatan dilaksanakan secara virtual.

Menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan nomor SE-2/SJ/2020 tanggal 29 Mei 2020 tentang Penyelenggaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 di Lingkungan Kementerian Keuangan, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus melalui Nota Dinas nomor ND-356/WBC.10/KPP.MC.02/2020 menginstruksikan agar seluruh pegawai Bea Cukai Kudus melaksanakan Surat Edaran tersebut dan mengirimkan bukti keikutsertaan menyimak Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia tersebut ke grup WhatsApp kantor. Para pegawai pun dengan kreatif mengirimkan berbagai foto atau screenshoot bukti keikutsertaannya. Ada yang berfoto di depan televisi, ada yang berfoto sambil menunjukkan ponsel yang sedang aktif memutar Live Streaming Pidato Kenegaraan, dan ada pula yang memotret tampilan layar ponselnya.

Sejarahnya, pada tanggal 1 Juni 1945 Ir. Soekarno membacakan lima poin usulan dasar negara Indonesia di hadapan rapat Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Setelah mendapat masukan dari para pendiri bangsa, kelima poin usulan Ir. Soekarno tersebut kemudian ditetapkan sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945. Mantan Ketua BPUPKI, dr. Radjiman Wedyodiningrat menyebut pidato Ir. Soekarno itu berisi Lahirnya Pancasila.

Kemudian berdasarkan Keputusan Presiden nomor 24 Tahun 2016, Presiden Jokowi menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadikannya hari libur nasional.

Selamat Hari Lahir Pancasila! Mari bergandeng tangan memperkuat persatuan dan kesatuan; kita utamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan!

#harilahirpancasila #bpupki #sejarahindonesia #beacukaikudus #beacukaiindonesia