Bincang Hangat Peran Bea Cukai di Tengah Pandemi

369

Kudus (29/04) – Bea Cukai Kudus melangsungkan Talk Show bersama Radio Suara Kudus mengenai peran serta Bea Cukai dalam rangka penanganan COVID-19. Berlokasi di studio Radio Suara Kudus, acara dipandu oleh Mbak Rika selaku penyiar Radio Suara Kudus. Dwi Prasetyo Rini dan Didit Ghofar berkesempatan menjadi narasumber dalam acara kali ini. Diawali dengan perkenalan diri dan instansi, acara berlanjut dengan sesi tanya jawab yang dikemas secara menarik.

Kesempatan kali ini menitikberatkan pada tugas dan fungsi Bea Cukai dalam upaya penanganan COVID-19, yaitu dengan berbagai fasilitas pembebasan dan percepatan arus barang yang akan digunakan untuk penanganan COVID-19. Di bidang cukai, fasilitas yang diberikan berupa pembebasan cukai etil alkohol untuk tujuan sosial dan produksi hand sanitizer, antiseptic, dan lain-lain. Dijelaskan pula bahwa sudah ada beberapa perusahaan hasil tembakau di Kudus yang memanfaatkan fasilitas ini. Selain itu terdapat perpanjangan masa pembayaran pita cukai rokok dari 2 bulan menjadi 3 bulan. Selain itu, di bidang pabean juga terdapat penangguhan bea masuh, PPN, PPNBM, dan PPH pasal 22 impor.

Penerima fasilitas-fasilitas ini pun tidak terbatas pada perusahaan-perusahaan saja, namun perseorangan pun juga bisa mendapat fasilitas ini sesuai dengan peraturan yang berlaku. Untuk itu Bea Cukai mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas ini dan bersama-sama kita lawan COVID-19.

#beacukai
#beacukaikudus
#beacukaimakinbaik