BCKu Radio : Mitigasi Resiko Puasa, Apaan tuh?

388

Kudus (29/04) – BCKu Radio hari ini kembali menemani pagi pegawai Bea Cukai Kudus yang sedang Work From Office hari ini. Dimeriahkan oleh Pembawa Acara Kece yaitu Putra dan Priska yang memberikan warna di BCKu Radio. Kali ini narasumber BCKu Radio dari Kepala Subbagian Umum yaitu Rahmad Budiantara.

Diskusi kali ini Rahmad menyampaikan bagaimana cara memitigasi risiko puasa. Di bulan Ramadhan seperti ini, suatu kewajiban bagi umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa, bagaimana cara melakukan puasa yang benar dan tidak hanya menahan lapar dan dahaga saja.

Ada pun lima hal yang bisa membuat puasa seseorang tidak sah, yaitu berbohong, menggunjing, mengadu domba, sumpah palsu, dan melihat dengan syahwat. Untuk itu perlu dibuat IRU atau Lembar Kontrol Kegiatan Ibadah Puasa. Dalam hal ini IRU merupakan lembar muta’bah. Mutaba’ah artinya adalah mengikuti petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam seluruh perkataan dan perbuatan, serta mengamalkannya sesuai dengan apa yang telah disyariatkan atau dicontohkan oleh beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dengan adanya IRU ini, Insyaallah amalan puasa kita dapat menuju ke tujuan berpuasa sesungguhnya.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah, Ayat 183).