Secara Daring, Bea Cukai Kudus Sosialisasikan Berbagai Fasilitas Kemudahan Terkait Penanganan COVID-19

283

Kudus (21/4) – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Seluruh pihak bergandeng tangan untuk memberikan kontribusi terbaiknya guna menangani pandemi ini, tak terkecuali Bea Cukai, Kementerian Keuangan. Peraturan Menteri Keuangan nomor 31/PMK.04/2020 tentang Insentif Tambahan untuk Perusahaan Penerima Fasilitas KB dan/atau KITE untuk Penanganan Dampak Bencana Penyakit Virus Covid 19 dan nomor 34/PMK.04/2020 tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan/atau Cukai serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Keperluan Penanganan pandemi COVID-19 diterbitkan sebagai respon disisi kebijakan dibidang kepabeanan dan cukai. Bea Cukai Kudus pun menggelar sosialisasi secara daring (online) yang diikuti oleh para pengusaha Kawasan Berikat (KB) dan Pengusaha Penerima Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil Menengah (KITE IKM) di wilayah kerja Bea Cukai Kudus.

Untuk mencegah penyebaran virus corona, metode sosialisasi secara daring dipilih guna menghindari kerumunan massa serta mendukung imbauan pemerintah untuk #dirumahsaja dan #workfromhome. Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, menyampaikan dalam sambutannya, “Saya berharap penuh perusahaan Saudara sekalian tetap berjalan dan berproduksi ditengah masa sulit dan pandemi seperti ini. Terlebih, pasti banyak pembatasan dan pengurangan dalam usaha Bapak/ Ibu sekalian. Tolong sampaikan kendala-kendala yang dihadapi selama pandemi ini, baik itu kendala yang secara teknis maupun saat di pelabuhan atau pengiriman.”

Materi disampaikan oleh Hari Tjahjo, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai II. Meskipun sedang melaksanakan Work From Home (WFH), Hari tetap membawakan materi sosialisasi secara apik dari rumah. Melalui penggunaan teknologi komunikasi, para peserta tidak terkendala dalam menerima materi dan berinteraksi pada sesi tanya jawab.

Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang adanya berbagai kemudahan dan insentif yang diberikan pemerintah dalam menunjang hasil produksi terutama yang berkaitan dengan penanganan pandemi COVID-19. Kebijakan tersebut dikeluarkan pemerintah untuk mendukung produksi dalam negeri supaya tetap menunjukkan tren positif di tengah pandemi. Harapannya semoga pandemi ini segera berakhir dan segala aktivitas pun dapat segera kondusif seperti semula.