Bea Cukai Kudus Cegah Pengiriman Rokok Ilegal Melalui Ekspedisi

681

Kudus (22/04) – Bea Cukai Kudus kembali berhasil menggagalkan peredaran rokok ilegal pada Selasa (21/04). Rokok illegal ditegah pada saat rokok ilegal tersebut akan dikirimkan melalui jasa ekspedisi.

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo menjelaskan kronologi penindakan rokok ilegal tersebut, bahwa sebelumnya Bea Cukai Kudus memperoleh informasi dari masyarakat yang menyatakan terdapat sebuah mobil yang digunakan untuk membawa rokok ilegal asal Jepara. Atas informasi tersebut, petugas bergerak cepat menuju lokasi untuk melakukan penyisiran dan pelacakan. Selang beberapa saat, tim menemukan mobil sesuai yang diinformasikan, kemudian mengikutinya hingga mobil berhenti pada sebuah jasa ekspedisi.

Setelah salah satu penumpang menurunkan barang, tim segera melakukan pemeriksaan terhadap orang dan mobil tersebut. Tim mendapati rokok siap edar, tidak dilekati pita cukai. Seharusnya rokok setelah diproduksi dan siap dipasarkan harus sudah dilekati pita cukai. Pita cukai merupakan bukti pelunasan pungutan cukai, karena Rokok merupakan barang kena cukai.

Rokok ilegal telah dipacking dalam beberapa karton. Tim menemukan rokok ilegal jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) merk Mildboro BLACK BLAST dan merk WEZZ Impera. Atas temuan ini Bea Cukai Kudus melakukan penegahan total sebanyak 96.000 batang rokok. Perkiraan nilai barang dari seluruh rokok ilegal tersebut sebesar Rp 97.920.000,- serta potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp 56.958.720,-.

Barang bukti berupa rokok ilegal, mobil yang digunakan untuk mengangkut serta pelaku AMA (33 th) dan MI (33 th) dibawa ke kantor Bea Cukai Kudus , untuk dilakukan pemeriksaan dan pengamanan lebih lanjut.

Sampai dengan saat ini, di tahun 2020 Bea Cukai Kudus berhasil melakukan 40 kali penindakan BKC (Barang Kena Cukai) ilegal dengan total barang bukti sebanyak 5.286.545 batang rokok ilegal dengan berbagai jenis merk dan menyelamatkan kerugian negara di bidang cukai dengan total Rp 3.080.839.024,-. Dari penindakan yang dilakukan, menunjukkan bahwa Direktorat Jenderal Bea Cukai hadir di masyarakat sebagai community protector untuk melindungi masyarakat dari peredaran rokok ilegal dan dalam rangka optimalisasi penerimaan negara di bidang cukai.

#beacukaikudus
#gempurrokokilegal
#beacukaimakinbaik