Semangat Berbagi Ditengah Pandemi

305

KUDUS (17/4) – Pandemi COVID-19 telah melumpuhkan sebagian sendi kehidupan. Masyarakat semakin sulit memenuhi kebutuhan. Ada yang menganggur karena pemutusan hubungan kerja. Ada yang berkurang pendapatannya karena sepinya pelanggan. Padahal ada keluarga yang harus diberi nafkah untuk bertahan hidup dan melanjutkan perjuangan menggapai harapan.

Menyaksikan fenomena tersebut, para pegawai Bea Cukai Kudus terketuk hatinya untuk peduli terhadap sesama. Melalui Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Ghoiru Jami’ Al Fattah Bea Cukai Kudus donasi para pegawai dikumpulkan untuk dibelikan paket sembilan bahan pokok (sembako). Panitia memilih membagikannya dalam bentuk paket sembako daripada uang tunai dengan tujuan untuk mengurangi kegiatan masyarakat keluar rumah. Hal ini tentu sejalan dengan imbauan pemerintah untuk #dirumahaja dan menerapkan #physicaldistancing. Adapun paket sembako yang dibagikan berisi beras, gula pasir, minyak goreng, susu, teh, kopi, mie, dan informasi tentang pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah penularan atau penyebaran COVID-19. Sedangkan para penerima manfaat terdiri dari para karyawan kantor antara lain cleaning service, driver, dan petugas keamanan, serta masyarakat sekitar, yaitu tukang tambal ban, tukang becak, tukang sapu jalanan, juru parkir, dan para pedagang kaki lima sekitar kantor.

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, sangat mendukung program ini disamping sebagai wujud kepedulian ditengah pandemi juga sebagai wahana pembinaan mental pegawai melalui aksi nyata berbagi. Panitia kegiatan yang diketuai Hari Tjahjo, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai II, dan Ketua DKM, Rianto Setijohadi, mengucapkan terima kasih kepada para pegawai yang sangat antusias berpartisipasi menyukseskan program ini. Semoga semangat berbagi ini tidak berhenti di sini, tapi terus berlanjut dan bahkan menjadi bagian tren peduli sesama yang tumbuh dan hidup ditengah masyarakat.