Pandemi Bukan Penghalang Soliditas Sinergi

283

Guna tetap melaksanakan kegiatan di tengah pandemi corona, Bea Cukai Kudus mengadakan Focus Group Discussion (FGD) melalui video conference (vidcon) pada Rabu 8 April 2020. FGD dilaksanakan bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Semarang I dengan tujuan untuk berkoordinasi antisipasi dampak COVID-19 terhadap penerimaan Cukai dan Pajak.

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, didampingi Kepala Seksi Perbendaharaan dan Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I, menyampaikan bahwa vidcon ini merupakan salah satu media dalam rangka melanjutkan kegiatan Joint Program Bea Cukai dengan Pajak.

“Sebelumnya kegiatan joint program dilaksanakan dengan tatap muka,. Kali ini kita laksanakan melalui video conference. Pembahasan yang dilakukan adalah antisipasi dampak COVID-19 terhadap penerimaan, khususnya penerimaan Cukai dan PPN Hasil Tembakau,“ papar Gatot.

Lebih lanjut dalam vidcon tersebut, dibahas tentang pengaruh COVID-19 terhadap industri rokok secara umum dan kebijakan cukai terkait dampak COVID-19 yang akan mempengaruhi penerimaan. Kepala KPP Madya Semarang l, Nyono Laksito, dan jajaran menyepakati untuk menindaklanjuti dengan koordinasi dalam pertukaran data serta rekonsiliasi data Penerimaan CK 1 dengan PPN HT dan PPN Penjualan.