Tingkatkan Kualitas Layanan, Bea Cukai Kudus Adakan Pelatihan SLA untuk PKD dan Cleaning Service

866

Kudus (08/04) – Service Level Agreement (SLA) merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan kepada pengguna jasa yang diwujudkan dalam sikap dan tutur kata. SLA diterapkan di Bea Cukai Kudus sebagai komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa. jasa, Bea

Keseriusan Bea Cukai Kudus untuk terus melakukan perbaikan dan peningkatan layanan salah satunya diwujudkan dengan diadakannya Pelatihan Service Level Agreement (SLA) kepada Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), yang terdiri dari Petugas Keamanan Dalam (PKD), petugas kebersihan (cleaning service), serta driver, pada Selasa (07/04) dan Rabu (08/04).

Sebelumnya, penyegaran SLA juga diberikan kepada para pegawai, khususnya yang bertugas di front office yang merupakan wajah utama institusi.

“SLA tidak hanya dilaksanakan oleh pegawai yang berada di front office, tetapi juga harus dilaksanakan oleh seluruh unsur yang ada di kantor ini agar pengguna jasa merasa puas dan terlayani dengan baik,” jelas Gatot Sugeng Wibowo, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, dalam sambutannya.

Materi SLA disampaikan oleh Kepala Subseksi Layanan Informasi, Sidiq Gandi. Kisah pelayanan hotel kecil di Philadelphia, Amerika Serikat, yang kelak diangkat sebagai pengelola jaringan hotel bergengsi dunia, Waldorf-Astoria Hotel, menjadi pembuka cerita. Kisah inspiratif tersebut menjadi gambaran betapa ketulusan hati dan pelayanan prima dapat memuaskan pengguna jasa kita. Bahkan menjadi sebab terbukanya rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka.

Materi yang disampaikan terkait hal-hal yang menjadi dasar penerapan SLA serta pentingnya SLA bagi peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan. Materi dibawakan secara ringan dan santai. Pada akhir acara dilakukan praktik secara berpasangan dalam menerapkan SLA tersebut. Satu orang berperan sebagai pengguna jasa dan satu orang berperan sebagai petugas. Evaluasi atas praktik dilakukan sebagai pembelajaran bersama supaya penerapan SLA benar-benar sesuai dengan yang diharapkan.

Dengan pelatihan yang telah didapat, kiranya semakin tumbuh ketulusan jiwa dalam melayani sepenuh hati sehingga pengguna jasa merasakan kesan terbaik ketika berinteraksi dengan Bea Cukai Kudus.