Pantau Harga Transaksi Pasar Hasil Tembakau, Bea Cukai Kudus Sebar Tim

438

Kudus (13/03) – Bea Cukai Kudus melaksanakan monitoring harga transaksi pasar (HTP) produk Hasil Tembakau yang dilaksanakan pada 10 Maret s.d. 12 Maret 2020 di 6 kecamatan yaitu Kecamatan Bae dan Jekulo, Kabupaten Kudus, Kecamatan Tayu dan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Kecamatan Nalumsari dan Kembang, Kabupaten Jepara.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan nomor 146/PMK.010/2017 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau disebutkan bahwa Pemantauan Harga Transaksi Pasar (HTP) adalah kegiatan membandingkan harga transaksi pasar (harga jual) dengan Harga Jual Eceran (HJE) yang tercantum dalam pita cukai hasil tembakau. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa harga transaksi pasar tidak melampaui batasan harga jual eceran per batang atau gram di atasnya atau kurang dari 85% dari harga jual eceran yang tercantum dalam pita cukai hasil tembakau.

Monitoring dilaksanakan dengan cara mendatangi langsung toko-toko pada daerah tersebut, melakukan pencatatan merek, jenis, jumlah, dan harga jual rokok yang terdapat di etalase toko, serta seluruh informasi yang tercantum pada pita cukai.

Sebagai edukasi terhadap masyarakat tentang rokok ilegal sekaligus menciptakan hubungan yang erat dengan masyarakat, usai melakukan pencatatan petugas memberikan souvenir berupa kaos yang bertuliskan ciri-ciri rokok ilegal dan kontak yang dapat dihubungi apabila masyarakat menemukan rokok ilegal beredar.

#beacukaikudus #hargatransaksipasar #gempurrokokilegal #bravobeacukai