Menjaring Aspirasi dan Membumikan Visi Pemberantasan Rokok Ilegal, Bea Cukai Kudus dan Komwasjak Gelar Sarasehan

317

Kudus (05/03) – Bertempat di Resto Taman Bale Banyu Jepara, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo bersama Kakanwil Bea Cukai Jateng DIY, Padmoyo Tri Wikanto menghadiri sarasehan dengan Komite Pengawas Perpajakan (Komwasjak), Rabu 4 Maret 2020. Acara yang diselenggarakan bersama Komwasjak ini dipimpin Ketua Komwasjak, Prof. Mardiasmo, M.B.A., Ph.D. Sarasehan juga dihadiri Kakanwil Pajak Jateng I, Kepala KPP Jepara, Sekretaris Daerah Jepara, Muspika Kalinyamatan, Petinggi Desa di wilayah Kecamatan Kalinyamatan, dan para pengusaha rokok di daerah Jepara. Sarasehan tersebut membahas produksi dan pengemasan hasil tembakau.

Acara dibuka dengan dengan sambutan dari Ketua Komwasjak yang menyampaikan tentang tugas dan peran Komwasjak. “Kami disini akan lebih banyak mendengar aspirasi masyarakat agar mendapat masukan serta informasi yang lebih konstruktif, aktual, dan terkini.

Gatot dalam diskusi tersebut memaparkan tentang penindakan Bea Cukai Kudus, potensi rokok ilegal setelah kenaikan tarif cukai, serta alternatif pemecahan masalahnya. “Untuk mengoptimalisasi peran DJBC sebagai community protector maka kami telah menyiapkan Community Development Program dengan tujuan memberi kesadaran bahwa legal itu mudah sehingga masyarakat tidak melakukan kegiatan ilegal di bidang cukai,” paparnya.

Selanjutnya diskusi dilanjutkan dengan penyampaian pendapat dari Camat Kecamatan Kalinyamatan serta para tokoh masyarakat dan pengusaha rokok legal di daerah Jepara.

Diharapkan diskusi antara pemerintah, masyarakat, dan pengusaha seperti ini bisa ditingkatkan agar tercipta solusi atas permasalahan rokok ilegal yang selama ini merugikan negara di berbagai sektor.

#BeaCukaiMakinBaik
#BeaCukaiKudus