Bea Cukai Kudus Gagalkan Pengiriman 81.600 Batang Rokok Ilegal

795

Kudus (26/02) – Seorang supir berinisial MAA (32 tahun), beserta temannya, AFH (24 tahun) diamankan petugas Bea Cukai Kudus, setelah keduanya tertangkap tangan mengangkut rokok tak berpita cukai dari daerah Jepara, Selasa (25/02).

Sebelumnya, tim Bea Cukai Kudus memperoleh informasi dari masyarakat tentang adanya sebuah minibus yang digunakan untuk membawa BKC HT ilegal. Dari informasi ini, petugas langsung memantau pegerakan mobil yang digunakan para pelaku mengangkut rokok ilegal di jalan yang menghubungkan Jepara – Kudus, Jepara – Pati, dan Jepara – Demak.

“Dari pemantauan yang dilakukan, petugas berhasil menemukan mobil dimaksud di Jalan Raya KHR Asnawi, Damaran, Kudus, dan segera melakukan penegahan dan pemeriksaan. Barang bukti yang kami kumpulkan berupa sigaret kretek mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai yang dikemas dalam beberapa bale. Terdapat tiga merek berbeda dengan isi total 81.600 batang rokok,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo.

Nilai barang bukti diperkirakan sebesar Rp83.232.000,00 dan potensi kerugian negara berupa pungutan cukai yang tidak dibayar mencapai Rp48.414.912,00. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, sarana pengangkut berupa mobil, barang bukti rokok, dan terperiksa diamankan di kantor Bea Cukai Kudus.