Pelaksanaan P2KP Tindak Lanjut Pembangunan WBBM 2020

520

Kudus (24/02)- Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik sebagaimana diatur Permen PAN dan RB Nomor 52 Tahun 2014. Untuk meningkatkan pengetahuan pegawai sekaligus mensosialisasikan program pembangunan WBK menuju WBBM, Bea Cukai Kudus mengadakan kegiatan Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (PPKP) yang membahas tentang Tindak Lanjut Pembangunan WBBM pada Senin, 24 Februari 2020. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Bea Cukai Kudus tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai Bea Cukai Kudus.

Gatot Sugeng Wibowo selaku Kepala Kantor Bea Cukai Kudus berpesan agar seluruh pejabat/pegawai Bea Cukai Kudus termasuk Cleaning Service dan PKD harus tahu dan ikut terlibat dalam pembangunan WBBM. Selain itu diperlukan adanya inovasi para pejabat/pegawai demi memudahkan terwujudnya pembangunan WBBM 2020 di KPPBC TMC Kudus. Beliau juga membahas mengenai inisiatif strategis yang telah diusulkan yaitu pemasangan CCTV di pabrik rokok baru, program bea cukai masuk desa, serta pelaksanaan Join Program antara Bea Cukai dan Pajak.

Materi terkait Tindak Lanjut Pembangunan WBBM disampaikan oleh Anang Yuli Purwoko selaku Kepala Subseksi KPTP. Pada tahun 2020, kantor bea cukai di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Jawa Tengah dan DIY yang diusulkan kantor berpredikat WBBM sebanyak 3 kantor yaitu Bea Cukai Cilacap, Bea Cukai Kudus dan Bea Cukai Purwokerto. Selain itu 6 kantor lain diusulkan sebagai kantor berpredikat WBK antara lain Bea Cukai Semarang, Bea Cukai Surakarta, Bea Cukai Magelang, Bea Cukai Jawa Tengah dan DIY, Bea Cukai Tanjung Emas dan Bea Cukai Jogja.

Usai pemaparan materi tentang WBBM, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan sesi post test. Setelah diadakannya PPKP ini, diharapkan seluruh unit di lingkungan Kantor Bea Cukai Kudus dapat terlibat serta memberikan ide dan inovasi untuk mendukung tercapainya predikat WBBM di Bea Cukai Kudus,” tutup Anang dalam pemaparannya.