Kunjungan Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai ke PT. Djarum

354

Kamis 20 Februari 2020, Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai Nirwala Dwi Heryanto melakukan kunjungan ke PT. Djarum. Kunjungan dilakukan dalam rangka dengar pendapat mengenai fasilitas etil Alkohol pada Tembakau Iris. Nirwala dan Tim didampingi Kepala Kantor Bea Cukai Kudus Gatot Sugeng Wibowo dan jajaran melakukan diskusi dengan PT. Djarum.

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan nomor 134/PMK.04/2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 94/PMK.04/2016 Tentang Pemberitahuan Barang Kena Cukai yang Selesai Dibuat, Tembakau Iris tidak lagi merupakan barang kena Cukai (BKC) selama belum dikemas dalam kemasan penjualan eceran. Sebelumnya Tembakau iris merupakan BKC dan pada proses pembuatan tembakau iris menggunakan etil alkohol dengan fasilitas tidak dipungut cukai. Dengan berlakunya Peraturan Menteri Keuangan nomor 134/PMK.04/2019, diperlukan pengaturan lebih lanjut untuk fasilitas etil alkohol yang digunakan.

Diakhir kunjungan Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai dan Tim berkesempatan melihat proses pengolahan sampah menjadi kompos yang dilakukan oleh Djarum Foundation.