Kenalkan Pita Cukai 2020 Bea Cukai Kudus Undang Pengusaha Hasil Tembakau

308

(Kudus 13/02) – Sebagai langkah pengenalan desain pita cukai tahun 2020, Bea Cukai Kudus mengadakan Sosialisasi Pita Cukai 2020 pada hari Kamis, 13 Februari 2020. Acara yang dihadiri tak kurang dari 70 Pengusaha Hasil Tembakau diselenggarakan di Aula Bea Cukai Kudus. Hadir sebagai narasumber adalah Indra Gunawan, selaku Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan.

Desain pita cukai 2020 ini bertemakan Kemerdekaan RI yang ke-75. Dari segi warna pita cukai 2020 berbeda dengan pita cukai 2019. Untuk golongan I, pita cukai 2020 berwarna biru. Ini berbeda dari pita cukai tahun sebelumnya yang berwarna hijau. Golongan II, pita cukainya berwarna ungu untuk tahun ini sedangkan tahun sebelumnya berwarna jingga. Terakhir golongan III berwarna jingga untuk pita cukai 2020.

Banyak sekali pengaman yang terdapat pada pita cukai 2020. Pada kertas ada pengaman berupa serat kasat mata maupun serat tak kasat mata. Pada hologramnya ada image 3D berbentuk anyaman penjalin, adanya image berbentuk bintang yang akan muncul jika hologram disinari oleh lampu ultra violet (UV). Cetakan akan berpendar pada bagian lambang Negara RI saat disinari lampu UV.

Selama proses sosialisasi para pengguna jasa dilibatkan secara langsung untuk mengidentifikasi pita cukai. Petugas memberikan contoh pita cukai beserta alat identifikasinya berupa kaca pembesar dan lampu UV. Mereka mempraktikkan secara langsung cara-cara identifikasi yang sudah dijelaskan. Didampingi oleh beberapa petugas, para pengusaha hasil tembakau diajari cara mengidentifikasi pita cukai 2020 secara benar. Hal ini bertujuan agar para pengusaha hasil tembakau mengetahui ciri dan jenis pita cukai tahun 2020. Di sela-sela acara diputarkan video identifikasi pita cukai serta iklan layanan masyarakat tentang gempur rokok ilegal.

Di akhir acara, Indra Gunawan mengimbau kepada pengguna jasa apabila mempunyai informasi terkait rokok dengan pita cukai ilegal, agar melaporkan ke Kantor Bea Cukai untuk ditindaklanjuti.