Bea Cukai Kudus Amankan Minibus Berisi Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

477

Jumat 14 Februari 2020, Bea Cukai Kudus berhasil melakukan penegahan terhadap sebuah mobil minibus yang diduga membawa rokok illegal . Penegahan dilakukan di Desa Robayan Kalinyamatan Jepara pada dini hari pukul 00.05 WIB. “Kami memperoleh informasi dari masyarakat menjelang malam, bahwa terdapat minibus yang digunakan mengangkut rokok illegal,” papar Gatot Sugeng Wibowo, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus.
Selanjutnya tak mau kehilangan target, tim segera menindaklanjuti dengan mendatangi lokasi sesuai yang diinformasikan. “Setiap informasi kami tindak lanjuti segera, menjelang tengah malam kami menuju lokasi”, lanjut Gatot.

Saat tiba di lokasi, tim mendapati sebuah mobil minibus warna silver sedang terparkir tanpa pengemudi. Namun kemudian tim mendapati MN (50) datang membawa barang yang diduga rokok dalam bentuk slop keluar dari rumah dan NF (17) yang sedang berada di sekitar lokasi tersebut. Ketika ditanyakan kepada keduanya, mereka mengaku tidak mengetahui mobil yang berada di lokasi. Lebih lanjut tim melakukan pemeriksaan terhadap sepeda motor milik NF yang sebelumnya dikendarai dan ditemukan kunci mobil yang terparkir. Minibus berhasil di buka dan setelah diperiksa kedapatan batangan Rokok jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM). Terdapat 26 karton berisi 266.400 batangan rokok jenis SKM regular, dengan perkiraan nilai barang Rp. 271.728.000,-.
Barang bukti berupa rokok illegal, mobil minibus dan terperiksa dibawa ke kantor Bea Cukai Kudus untuk pemeriksaan. “Kami berterima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan informasi, dari informasi tersebut kami berhasil melakukan penegahan dengan potensi kerugian negara sebesar Rp. 158.060.448,- dari cukai dan pajak rokok tidak dibayar”, pungkas Gatot.