Bea Cukai Kudus Musnahkan Arsip Lama

695

Kudus (10/02) – Kamis 6 Februari 2020, Bea Cukai kudus melaksanakan pemusnahan atas arsip Kepabeanan dan Cukai serta arsip kepegawaian yang sudah tidak memiliki nilai guna dan telah melampaui jangka waktu simpan inaktif.

Arsip yang dimusnahkan merupakan dokumen-dokumen lama sejak tahun 1970an s.d tahun 2000an. Arsip yang akan dimusnahkan sejumlah 606 bundel. Itu setara dengan 1 truk penuh dengan berat kurang lebih 6 ton. Arsip akan dimusnahkan di PT. Sinar Indah Kertas (SIK) yang berlokasi di Jalan Raya Pati – Kudus Km.14, Gondoharum, Jekulo, Kudus. Pemusnahan dilakukan dengan cara dilebur menjadi bubur kertas yang nantinya akan didaur ulang menjadi kertas baru.

Seremoni pemusnahan diselenggarakan di halaman mess Bea Cukai Kudus. Dihadiri oleh Panitia Pemusnahan yang terdiri dari pegawai Bea Cukai Kudus dan perwakilan pegawai dari Sekretariat Direktorat Jenderal. Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB diawali dengan sambutan dari Kepala Kantor.

Dalam sambutannya, Gatot Sugeng Wibowo, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus mengingatkan bahwa arsip ini merupakan hal yang penting yang sering disepelekan. Beliau juga menghimbau untuk kedepannya diharapkan kegiatan pemusnahan arsip ini dilakukan secara rutin.