Bea Cukai Kudus Kunjungi Penerima Fasilitas KITE-IKM Baru

919

Kudus (10/02) – Jumat 7 Februari 2020, Bea Cukai kudus melaksanakan kegiatan Customs Visit to Customer ke perusahaan penerima fasilitas KITE IKM di Jepara. PT Sinar Perkasa Wood (SPW) telah mendapatkan Surat Keputusan Kepala Kantor Bea Cukai Kudus sebagai penerima fasilitas KITE IKM dengan Nomor KEP-095/WBC.10/KPP.MC.02/2020 tanggal 3 Februari 2020. Kunjungan ini untuk menyampaikan hak dan kewajiban perusahaan sebagai pengguna fasilitas KITE-IKM sesuai PMK-110/PMK.04/2019 dan memberikan modul KITE IKM.

KITE-IKM adalah fasilitas yang diberikan oleh Bea Cukai kepada Industri Kecil Menengah yang berorientasi ekspor. Perusahaan yang menggunakan fasilitas ini akan dibebaskan Bea Masuk serta tidak dipungut PPN pada saat akan mengimpor bahan baku/ mesin produksi. Fasilitas ini sejalan dengan instruksi Presiden untuk meningkatkan ekspor produk UMKM. Dengan dibebaskannya Bea Masuk dan PPN perusahaan dapat menghemat biaya produksi sehingga harga produk dapat lebih bersaing.

PT Sinar Perkasa Wood merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kayu. SPW memanfaatkan fasilitas KITE-IKM untuk mengimpor mesin produksinya. Perusahaan dapat menghemat biaya produksi karena mesin yang diimpornya tidak harus membayar Bea Masuk dan PPN.
Dengan pemberian fasilitas KITE-IKM oleh Bea Cukai diharapkan dapat meningkatkan ekpor produk-produk UMKM ke luar negeri.