Apel Khusus Peringati Hari Pabean Internasional

335

Kudus (28/01) – Selasa, 28 Januari 2020, para pegawai Bea Cukai Kudus melaksanakan apel khusus di halaman kantor guna memperingati Hari Pabean Internasional ke-68 yang jatuh tiap tanggal 26 Januari. Apel khusus dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo. Pada kesempatan ini Gatot membacakan amanat Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani mengapresiasi dan berterima kasih atas kinerja Direktorat Jenderal bea dan Cukai yang excellent selama tahun 2019 karena telah melampaui target penerimaan sebesar 213,37 triliun (102,2% dari target). Beliau juga menegaskan pengembangan layanan CEISA 4.0 menjadikan layanan yang diberikan oleh DJBC menjadi lebih efisien. Di bidang pengawasan, kinerja DJBC mengalami peningkatan. Dari 18.204 penindakan di tahun 2018, meningkat menjadi 19.692 penindakan di tahun 2019. Penindakan tersebut meliputi penindakan Narkotika Psikotropika dan Prekursor (NPP), penindakan rokok illegal, dan penindakan impor, cukai, dan ekspor berisiko tinggi.

Sesuai dengan tema Hari Pabean Internasional tahun ini, “Customs fostering Sustainability for People, Prosperity, and the Planet”, Bea Cukai diharapkan dapat melayani masyarakat (People) dengan membangun masyarakat yang aman dan sejahtera, memastikan kemakmurannya (Prosperity) dengan mengurangi hambatan perdagangan dan memberikan perlindungan terhadap bumi (Planet) untuk memastikan keberlanjutan generasi mendatang.

Dalam akhir amanatnya, Sri Mulyani mengajak untuk senantiasa berkomitmen agar DJBC menjadi institusi yang semakin baik. Institusi yang dapat menciptakan solusi bagi keberlangsungan people (masyarakat), prosperity (kesejahteraan), dan planet (bumi) pada era industri 4.0. Beliau juga meminta agar DJBC terus berinovasi dan melakukan langkah konkrit untuk mendukung prioritas pemerintah khususnya dalam transformasi ekonomi dan meningkatkan investasi.