Pentingnya DBHCHT, Bea Cukai Kudus Adakan Sosialisasi

916

Kudus (17/01) – Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) adalah Dana yang bersifat khusus dari Pemerintah Pusat dan dialokasikan kepada daerah penghasil cukai hasil tembakau dan penghasil tembakau. Alokasi DBHCHT telah ditentukan, diantaranya untuk sosialisasi ketentuan di bidang Cukai dan pemberantasan rokok ilegal. Kamis (16/01), bertempat di Ruang Rapat Kantor Bea Cukai Kudus, Bea Cukai Kudus menyelenggarakan Sosialisasi Ketentuan Penilaian Capaian Kinerja Pemerintah Daerah dalam Pemanfaatan DBHCHT yang dihadiri oleh Bagian Perekonomian (Pengelola DBHCHT) Sekretariat Daerah dari tiap Kabupaten yang berada di bawah pengawasan Bea Cukai Kudus, yaitu Kabupaten Kudus, Pati, Jepara, Rembang, dan Blora.

Sosialisasi dibuka dengan sambutan Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo. Gatot menyampaikan tugas Bea Cukai sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 139/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum, dan Dana Alokasi Khusus. “Bea Cukai diberi tugas untuk melakukan penetapkan data capaian kinerja penerimaan cukai Pemerintah Daerah yang nantinya menjadi salah satu dasar perhitungan alokasi DBHCHT dan disampaikan kepada Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK),” ujar Gatot.

Pemaparan materi sosialisasi disampaikan oleh Dwi Prasetyo Rini selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kudus. Rini menyampaikan bahwa Bea Cukai akan melakukan penilaian tahunan dengan dua kali periode pelaporan, yaitu tiap semester. Kegiatan yang dinilai adalah Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai dan Pemberantasan Barang Kena Cukai (BKC) ilegal. Penilaian dimulai Tahun Anggaran 2020. Dalam kegiatan sosialisasi ini, diharapkan Pemerintah Daerah dapat meningkatkan pemanfaatan DBHCHT untuk sosialisasi dan pemberantasan rokok ilegal.