Bea Cukai Kudus Ber-Salsa

545

Kudus (17/01) – “Mana suaranya…..!!!!!,” teriak instruktur senam menyemangati para pegawai. Ya itulah yang terjadi pada senam pagi ini, Jumat 17 Januari 2020. Instruktur mengajak para pegawai dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) yang hadir untuk ber-Salsation. Gerakan senam yang slow namun energik menggugah para peserta untuk ikut mengikuti iramanya.

Salsation sendiri adalah gabungan dari kata salsa, dalam bahasa Spanyol artinya saus pedas, dan sensation yang berarti sensasi. Dalam hal ini, salsa bisa diartikan bumbu campuran antara ritme musik, budaya dan gerakan, sedangkan sensasi dalam hal ini adalah perasaan yang kuat terhadap musikalitas lagu dan ekspresi lirik, sehingga bisa merasakan efek yang baik dari latihan salsation terhadap kebugaran tubuh.” (S Fitness Center, 2017, http://www.sfitnesscenter.com/salsation-is-the-new-hype/)

Tampak para peserta mengikuti gerakan instruktur dan alunan musik yang diperdengarkan. Banyak yang kesulitan mengikuti gerakannya karena memang banyak gerakan-gerakan baru yang tak biasa. Namun hal tersebut tidak menyurutkan antusiasme para peserta. Gerakan salsa yang energik membuat suasana senam menjadi semangat dan penuh keceriaan. Tak butuh waktu lama, peluh para peserta mulai mengalir di wajah dan tubuh, tanda lemak sudah mulai terbakar.

Senam perlu dilakukan sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Selain itu senam juga menciptakan kebersamaan dan kekeluargaan di antara para pegawai. Setelah senam, kegiatan dilanjutkan dengan bersih-bersih lingkungan kerja agar tercipta suasana yang nyaman dalam bekerja.