Bea Cukai Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir Demak

577

Bertempat di Kantor Pemerintahan Kecamatan Guntur Kabupaten Demak, Selasa 14 Januari 2020, Bea Cukai Kudus menyerahkan bantuan dari Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah dan D.I.Y. untuk Korban Banjir yang melanda Desa Telogorejo dan Desa Trimulyo, kecamatan Guntur Demak. Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setempat, jumlah pengungsi yang terdampak banjir sekitar 2.800 orang.

Bantuan yang diberikan berupa 50 karton air mineral, 20 karton mie instan, 3 karton makanan ringan, 5 lusin pasang alas kaki berupa sandal, 2 karton pembalut untuk wanita, serta 30 buah alat kebersihan. Bantuan diterima oleh Petugas Dinas Sosial Kabupaten Demak dan Tim Tagana Demak. Bantuan diserahkan oleh Tim Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kudus.

Setelah menyerahkan bantuan , Tim berkesempatan mengunjungi desa terdampak banjir di Desa Trimulyo. Banjir sudah terlihat surut, sehingga tim diperbolehkan memasuki area terdampak banjir. Terlihat warga sudah mulai kembali ke rumah masing-masing guna membersihkan rumah mereka. Dari kunjungan tersebut diperoleh informasi bahwa penyebab utama banjir karena jebolnya tanggul Sungai Tuntang. Saat ini tujuh excavator telah diterjunkan ke lokasi untuk menggarap tanggul semi permanen setelah tanggul darurat yang selesai dibangun pasca jebol kembali terseret arus.

Diharapkan bantuan dapat meringankan warga dan banjir dapat sepenuhnya surut, sehingga warga dapat segera beraktifitas kembali dengan normal.