Pisah Sambut dalam Coffee Morning Capaian Kinerja 2019

494

Kudus (8/1) – Bea Cukai Kudus mengadakan Coffee Morning di awal tahun 2020. Acara dihadiri oleh para Pengusaha Rokok, Pengusaha Penerima Fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil Menengah (KITE IKM), Pengusaha Kawasan Berikat (KB) serta pengusaha Gudang Berikat (GB). Mengusung tema Capaian Kinerja Bea Cukai Kudus tahun 2019, acara dilangsungkan di aula Bea Cukai Kudus pada Selasa, 7 Januari 2019.

Iman Prayitno selaku Kepala Kantor Bea Cukai Kudus mengucapkan terima kasih atas capaian penerimaan Bea Cukai Kudus tahun 2019 yang mencapai 100,80%. Bea Cukai Kudus berhasil mengumpulkan pundi-pundi penerimaan negara sejumlah 31,79 T. Ini melebihi target yang telah ditetapkan sebesar 31,54 T. Penerimaan didominasi dari cukai hasil tembakau senilai 31,74 T, sedangkan dari pabean memberikan kontribusi sebesar 52,83 M. Penerimaan tahun 2019 mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun 2018. Tercatat, pada tahun 2018 Bea Cukai Kudus berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang ke Negara sebesar 31,34 T dari target 31,25 T atau sebesar 100,27 %.

Sebanyak 142 kali penindakan rokok illegal telah dilakukan oleh Bea Cukai Kudus selama tahun 2019. Jumlah ini meningkat hampir 2 kali lipat dibandingkan tahun 2018, yaitu sebanyak 74 kali penindakan. Total kerugian Negara yang berhasil diselamatkan sebesar 10 miliar dengan nilai perkiraan barang 15,16 miliar. Barang kena cukai illegal yang diamankan berupa Sigaret Kretek Mesin (SKM), Sigaret Kretek Tangan (SKT) dan Tembakau Iris.

Coffee morning ini juga mengagendakan acara pisah sambut antara Iman Prayitno, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus sebelumnya, kepada Gatot Sugeng Wibowo sebagai Kepala Kantor Bea Cukai Kudus yang baru. “Saya berharap sinergi dan dukungan dari seluruh pabrik rokok, KITE dan KITE IKM, dan juga Kawasan Berikat kedepannya”, ujar Gatot dalam sambutan perdananya.

Pesan dan kesan disampaikan oleh perwakilan pengguna jasa atas kinerja Iman Prayitno selama lebih dari 2 tahun mengabdikan diri di Bea Cukai Kudus. “Hadapi tugas dengan hati dan tangan terbuka, serta optimisme yang tinggi”, ucap Wibowo selaku perwakilan PT. Djarum. “Saya sangat mengapresiasi kinerja Pak Iman selama ini, cepat, responsif, dan responsibel atas kinerja Bea Cukai Kudus dalam merangkul IKM untuk mendapat fasilitas KITE IKM”, beber Luqi dari PT. Chakra Naga Furniture

Selamat bertugas Pak Iman, semoga kian sukses dan amanah dalam menjalankan tugas di tempat yang baru dan selamat datang Pak Gatot di Bea Cukai Kudus, selamat bekerja.