Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai Kudus Lakukan Penindakan

451

Bea Cukai Kudus kembali menyita rokok ilegal jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) pada Kamis (19/12), sebelum dilaksanakannya pemusnahan 20 ton rokok ilegal yang telah ditetapkan sebagai Barang Milik Negara (BMN) di Kantor Bea Cukai Kudus.

Penindakan tersebut berawal dari informasi masyarakat yang dilanjutkan dengan pengamatan oleh petugas untuk memastikan kebenaran informasi tersebut. Setelah mendapatkan kepastian, petugas melakukan pemeriksaan terhadap bangunan tersebut. Hasilnya, petugas menyita 385.600 batang rokok ilegal dengan kondisi berupa batangan rokok dan siap diedarkan tanpa dilekati pita cukai.

“Pelaku masih dalam proses penelitian, karena saat itu petugas kami hanya menjumpai para pekerja,” ujarnya.

Dengan adanya penyitaan rokok ilegal tersebut, maka petugas Bea Cukai Kudus berhasil menyelamatkan potensi kerugian negara sebesar Rp 182.028.264 dihitung dari nilai cukai, PPN Hasil Tembakau, dan pajak rokok yang seharusnya dibayar.

Penindakan yang dilakukan di Desa Kalipucang Wetan, Welahan, Jepara tersebut merupakan penindakan kami yang ke-142 dalam kurun waktu tahun 2019 ini.

Dengan pelanggaran tersebut, pelaku dapat dikenakan pasal 50 dan 54 UU nomor 11/1995 sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 39/2007 tentang Cukai dengan ancaman pidana penjara satu hingga lima tahun dan denda dua hingga 10 kali lipat nilai cukai yang seharusnya dibayar.