Ambyar! Drama Penindakan HT Ilegal Ditengah Pelajar SMA

491

Kudus (17/12) – Bea Cukai Kudus kembali mengadakan Customs Goes to School (CGTS) di tahun 2019. CGTS merupakan acara yang ditujukan sebagai sarana edukasi pengenalan tugas fungsi Bea Cukai ke generasi muda. Kali ini, Senin (16/12), Bea Cukai Kudus berkesempatan menyapa siswa-siswi kelas XII SMA N 1 Bae Kudus. Bertempat di Gedung Serba Guna SMA N 1 Bae Kudus, sebanyak 339 siswa mengikuti acara ini.
“Pada kesempatan ini, kami akan mengenaikan tugas dan fungsi Bea Cukai serta menambah wawasan tentang PKN STAN.”, ungkap Dwi Prasetyo Rini selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi dalam sambutannya.

Pemaparan materi disampaikan dengan cara yang unik, yaitu dengan menampilkan tiga sesi drama yang diperankan oleh pegawai Bea Cukai Kudus. Didit Ghofar selaku Kepala Subseksi Penyuluhan memimpin jalannya drama tersebut. Adegan pertama menceritakan pelaksanaan tugas Bea Cukai di Bandara sebagai comunity protector. “Tidak semua barang yang dibawa penumpang itu bisa masuk ke Indonesia, terdapat barang yang dilarang dan dibatasi yang bertujuan untuk melindungi masyarakat dan industri dalam negeri.”, ungkap Didit.

Selanjutnya tentang barang kiriman, disampaikan materi bahwa barang kiriman yang mendapatken pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor adalah senilai USD 75. Dan untuk menghindari penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai, saat ini telah disediakan alamat website untuk tracking barang kiriman. Setiap orang dapat melakukan tracking barang kiriman yang diimpor dari luar negeri atau dapat menghubungi call center Bea Cukai di 1500225, serta dapat menghubungi Bea Cukai Kudus. Adegan ketiga disampaikan materi tentang cukai. Pada sesi ini dipaparkan tugas Bea Cukai sebagai pemungut penerimaan negara di sektor cukai, ciri-ciri rokok ilegal dan penindakan rokok ilegal.

Di akhir materi disampaikan pengenalan PKN STAN, banyak siswa tertarik mendaftar PKN STAN sebagai pilihan melanjutkan studi mengingat tahun depan mereka telah lulus SMA. Secara keseluruhan siswa terlihat antusias dalam mengikuti rangkaian acara dan menyimak setiap materi yang didapat.

Dengan diselenggarakannya acara Customs Goes to School ini diharapkan dapat menambah wawasan generasi muda khususnya siswa SMA 1 Bae tentang tugas dan fungsi Bea Cukai yang memiliki peran strategis dalam melindungi masyarakat dan penerimaan negara.