Bea Cukai Kudus Terus Berantas Rokok Ilegal

494

Bea Cukai Kudus berhasil menindak rokok ilegal senilai Rp 69.641.000,00 pada sebuah bangunan di Desa Mayong Kidul, Kecamatan Mayong, Jepara. Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Iman Prayitno mengatakan bahwa upaya penindakan terhadap rokok ilegal itu bermula dari informasi Tim Intelijen Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta (Kanwil Jateng dan DIY).

“Berdasarkan informasi yang diperoleh, tim kami melakukan pengamatan terhadap bangunan yang dimaksud untuk memastikan lokasinya. Setelah dipastikan, pada Kamis (05/12) tim penindakan Bea Cukai Kudus bersama tim penindakan Kanwil Jateng dan DIY segera menuju ke lokasi dan melakukan pemeriksaan.” jelas Iman.

Di tempat tersebut petugas menemukan 97.400 batang rokok jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) dalam keadaan siap edar tanpa dilekati pita cukai serta 3 buah alat pemanas yang diduga digunakan dalam proses produksi rokok illegal tersebut. Potensi kerugian negara yang dapat ditimbulkan dari rokok illegal tersebut ditaksir mencapai 45 juta rupiah.

Terhadap barang hasil penindakan tersebut dibawa ke Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pengamanan dan ditetapkan sebagai Barang Milik Negara yang nantinya akan dilakukan pemusnahan.