Bea Cukai Kudus Membina dengan Empati dan Menindak Tanpa Kompromi

458

Kudus (27/11) – Tingkatkan pengawasan terhadap Barang Kena Cukai (BKC) di daerah eks-Karesidenan Pati, Bea Cukai Kudus kembali lakukan sosialisasi dan operasi pasar (opsar) pada Selasa, 26 November 2019. Tidak seperti biasanya, sosialisasi dan opsar kali ini tidak menyambangi toko-toko di pasar akan tetapi menyambangi toko-toko yang berada di sekitar tempat tinggal warga.

Terdapat beberapa toko yang dikunjungi oleh tim Bea Cukai Kudus yang terdiri dari Seksi Intelijen dan Penindakan dan Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. Toko yang dikunjungi diantaranya di Desa Mondoteko, Kecamatan Rembang dan di Desa Mojorembun, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang selain tim melakukan pemeriksaan untuk memastikan ada atau tidaknya persediaan rokok ilegal , juga dilakukan edukasi terkait rokok ilegal. Pemilik toko cukup antusias dalam menerima sosialisasi dari petugas.

“Dengan informasi yang telah kami sampaikan, kami berharap informasi ini dapat diteruskan kepada pihak lain agar seluruh elemen masyarakat bersama-sama memerangi rokok ilegal.” jelas Didit Ghofar, selaku Kepala Subseksi Penyuluhan.

Selain itu, petugas juga membagikan brosur yang memuat tentang ciri-ciri rokok ilegal kepada masyarakat agar informasi terkait rokok ilegal dapat tersampaikan pada ruang lingkup yang lebih luas.

Upaya yang dilakukan tim dengan mendatangi langsung kepada masyarakat diharapkan dapat menjalin sinergi dengan masyarakat, karena tidak bisa dipungkiri bahwa kesadaran masyarakat merupakan modal utama untuk memberantas peredaran BKC ilegal.