Bea Cukai Kudus Ajak IKM Kudus Manfaatkan KITE IKM

267

Kudus (27/11) – Sinergi yang kuat antara Bea Cukai Kudus dan Pemerintah Kabupaten Kudus terus dilakukan untuk meningkatkan ekspor nasional. Pada Selasa (26/11), Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus menyelenggarakan Sosialisasi Teknis Fasilitas KITE-IKM dan Perluasan Akses Pasar Ekspor. Bertempat di Aula Bea Cukai Kudus, para pelaku usaha di wilayah Kudus hadir pada sosialisasi ini.

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Iman Prayitno, dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya acara ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi para pelaku usaha, khususnya di wilayah Kudus. “Kegitan ini merupakan hasil tindak lanjut dari Focus Group Discussion pada akhir bulan lalu. Hal ini merupakan langkah awal kita untuk dapat memfasilitasi perdagangan dan industri dalam negeri sehingga mampu bersaing di pasar luar negeri.”, tutur Iman.

Menjadi narasumber, Dwi Prasetyo Rini selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi memberikan materi mengenai pemanfaatan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor untuk Industri Kecil Menengah (KITE-IKM). Fasilitas KITE-IKM merupakan fasilitas yang diberikan oleh Bea Cukai kepada IKM berupa pembebasan bea masuk serta tidak dipungutnya PPN dan PPnBM. “Barang impor yang dapat fasilitas ini merupakan bahan baku, mesin, atau barang contoh yang nantinya digunakan untuk proses produksi di dalam negeri.”, ungkap Rini. Untuk mendapatkan fasilitas KITE-IKM, Rini juga menjelaskan tentang kriteria IKM yang dapat diberikan fasilitas ini, persyaratan, dan perizinannya.

Penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk menyosialisasikan tata laksana ekspor dan manfaat fasilitas KITE IKM, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan niat para pelaku usaha untuk mengembangkan produknya dengan berorientasi ekspor dan mendaftarkan perusahaannya menjadi penerima fasilitas KITE IKM.