Sinergi dengan Pemda, Bea Cukai Kudus Kunjungi Eksportir

1740

Berlokasi di Kabupaten Blora, Bea Cukai Kudus kunjungi PT. Pringgondani Setia Nusantara yang merupakan perusahaan eksportir (22/11). Pada kesempatan kali ini Bea Cukai Kudus juga menggandeng Pemerintah Daerah Kabupaten Blora guna menjalin sinergi dalam mendukung perusahaan-perusahaan yang melakukan ekspor khususnya di Kabupaten Blora. Kegiatan tersebut sejalan dengan salah satu misi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yaitu memfasilitasi perdagangan dan industry.

PT. Pringgondani Setia Nusantara itu sendiri merupakan perusahaan yang bergerak pada bisnis pembuatan briket. Kunjungan kerja ini merupakan bentuk tindak lanjut hasil Focus Group Discussion Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil Menengah (KITE IKM) dengan Pemerintah Daerah dan Eksportir di wilayah eks-Karesidenan Pati yang telah dilaksanakan pada Selasa (29/10) lalu di Kantor Bea Cukai Kudus.

Pada kesempatan kali ini, Dwi Prasetyo Rini selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kudus menanyakan kepada pihak PT. Pringgondani Setia Nusantara yang diwakili oleh Susi selaku Human Resource Department (HRD) terkait kendala apa saja yang dialami ketika melakukan proses ekspor selama ini.

“Selama ini proses ekspor yang kami jalani lancar, tidak ada kendala signifikan kami alami. Karena ekspor kami pun tergantung permintaan buyer, kapan harus kirim (ekspor) semua tergantung buyer.” Jawab Susi.

PT. Pringgondani Setia Nusantara merupakan perusahaan eksportir yang belum melakukan importasi guna menunjang kegiatan pembuatan barang jadi untuk di ekspor. “Jika nantinya perusahaan ingin melakukan importasi untuk keperluan produksi, pemerintah dapat memberikan kemudahan dengan Fasilitas KITE IKM. Dengan mendapatkan fasilitas ini, importasi yang dilakukan oleh perusahaan dapat dibebaskan dari pembayaran Bea Masuk (BM) dan juga pajak dalam impor lainnya seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sehingga dapat sangat membantu majunya perusahaan, barang jadi yang diproduksi harus diekspor.” Jelas Didit Ghofar selaku Kepala Subseksi Penyuluhan Kantor Bea Cukai Kudus.

Diharapkan dengan adanya peran aktif Bea Cukai seperti kegiatan kali ini yang bersinergi dengan pemerintah daerah dapat memunculkan produk-produk dalam negeri yang tidak kalah saing dikancah perdagangan internasional, sehingga produk ekspor dari dalam negeri akan semakin bertambah.