Bea Cukai Kudus Cegah Rokok Ilegal Beredar

325

Kudus (29/10) – 146.600 batang rokok ilegal berhasil diamankan Bea Cukai Kudus di sebuah bangunan yang diduga digunakan sebagai tempat penimbunan atau pengemasan rokok ilegal. Senin (28/10), Bea Cukai Kudus melakukan pemeriksaan pada bangunan di Desa Robayan, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara.

Dari hasil pemeriksaan, Bea Cukai Kudus menemukan rokok batangan dan rokok siap edar tanpa dilekati pita cukai dengan total 146.600 batang, pita cukai diduga palsu sebanyak 383 keping, serta 7 buah alat pemanas.
Iman Prayitno, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus mengatakan bahwa dari penindakan tersebut Bea Cukai Kudus mengamankan barang hasil penindakan dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp104.819.000. “Jika barang hasil penindakan tersebut beredar di masyarakat, maka dapat menyebabkan kerugian negara sebesar Rp69.204.729.”, jelas Iman.

Selanjutnya, barang hasil penindakan tersebut diamankan di kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Penindakan ini tidak terlepas dari peran masyarakat yang telah berpartisipasi aktif dengan memberikan informasi terkait adanya peredaran rokok ilegal. “Terima kasih kami ucapkan kepada masyarakat yang telah bersama-sama memerangi peredaran rokok ilegal.”, pungkas Iman.