Pegawai Bea Cukai Kudus Terima Edukasi tentang Pengenalan Kompetensi

509

Untuk meningkatkan pengetahuan pegawai, Bea Cukai Kudus mengadakan kegiatan rutin yaitu Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (PPKP) yang dihadiri oleh seluruh pegawai, Kamis, 17 Oktober 2019 di Aula Bea Cukai Kudus. Subbagian Umum menjadi narasumber pada PPKP kali ini dengan mengangkat tema tentang Pengenalan Kompetensi.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu mars Bea Cukai dan dilanjutkan dengan pretest untuk menguji kemampuan dan pengetahuan peserta sebelum materi disampaikan. Pretest dilakukan melalui aplikasi quizizz. Terdapat sepuluh pertanyaan pretest yang harus dijawab oleh semua peserta.

Setelah pretest berakhir kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Rahmad Budiantara selaku Kepala Subbagian Umum. Berbekal pengetahuan tentang Pengenalan Kompetensi yang didapatkan dari workshop beberapa waktu sebelumnya, Rahmad memaparkan tentang Softskill Kemenkeu, Standar Kompetensi Pejabat Eselon IV, dan Arti Penting Kompetensi.

Saat menyampaikan tentang Softskill Kemenkeu, Rahmad menjelaskan mengenai Elemen Kompetensi, Kompetensi Manajerial, Komponen Assessment Center, dan Pengelompokkan Kompetensi.

“Untuk memimpin atau mengelola unit organisasi ada tiga hal yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku.” papar Rahmad.

Selanjutnya Rahmad menjelaskan mengenai Standar Kompetensi Pejabat Eselon IV yang mecakup tentang Model Kompetensi kementerian Keuangan, Standar Kompetensi Jabatan, hingga Bagaimana Mengembangkan Kompetensi.

Setelah pemaparan materi selesai, kemudian diberikan kesempatan untuk bertanya kepada para peserta. Pada kesempatan ini cukup banyak pertanyaan yang disampaikan, menandakan antusiasme yang tinggi dari para pegawai.

Setelah seluruh pertanyaan dijawab, acara dilanjutkan dengan postest untuk mengukur sejauh mana peserta memahami materi yang telah disampaikan. Kegiatan PPKP ini ditutup dengan pemberian hadiah kepada dua peserta dengan nilai tertinggi pada saat pretest dan dua orang dengan nilai tertinggi pada saat postest.