Edukasi Rokok Ilegal, Satpol PP Pati Hadirkan Bea Cukai Kudus

435

Kudus (18/10) – Bea Cukai Kudus kembali hadir sebagai narasumber dalam acara sosialisasi yang diadakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pati. Bertemakan Cukai dan Pemberantasan Rokok Ilegal, sosialisasi berlangsung pada hari Jumat (18/10) pukul 09.00 WIB bertempat di Aula Satpol PP Pati dan dihadiri oleh anggota satpol PP Pati. Sebelum ke pemaparan materi, acara diawali dengan sambutan oleh Bapak Irwanto, SH. MH. selaku Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah (Kabid PPHD) Satpol PP Pati.

Andung Heriawan, sebagai narasumber, memaparkan materi dengan jelas dan gamblang. Materi yang disampaikan mengenai Barang Kena Cukai, jenis-jenis dan cara mengidentifikasi rokok ilegal. Tak hanya itu, Andung juga menjelaskan dampak rokok ilegal.
“Adanya rokok ilegal membuat daya saing industri rokok melemah dan mengurangi penerimaan negara yaitu Cukai.” jelas Andung.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan mempraktekkan cara mengidentifikasi keaslian Pita Cukai dengan beberapa metode, diantaranya dengan mata telanjang, kaca pembesar, dan sinar UV.

Dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan anggota Satpol PP Pati sehingga dapat bersinergi dalam memberantas peredaran rokok ilegal.