Bea Cukai Kudus Lakukan Sosialisasi dan Opsar di Pasar Tawar

463

Tim Bea Cukai Kudus yang terdiri dari Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) dan Seksi Intelijen dan Penindakan (Inteldak) turun langsung ke lapangan untuk laksanakan Sosialisasi dan Operasi Pasar (Opsar). Kegiatan ini merupakan agenda rutin Bea Cukai Kudus untuk menekan angka peredaran rokok ilegal dan juga memberikan edukasi terhadap para penjual rokok eceran di eks Karesidenan Pati.

Dalam kegiatan ini, tim berhasil melakukan penindakan terhadap 2.820 batang rokok ilegal berbagai merek dengan modus tidak dilekati pita cukai. Terhadap barang hasil penindakan diamankan ke Kantor Bea Cukai Kudus. Sementara untuk para penjual diberikan wawasan tentang bahaya dan ancaman pidana rokok ilegal.
“Saat di lokasi, petugas menemukan beberapa toko menjual rokok ilegal dengan alasan tidak mengetahui ciri-ciri rokok ilegal. Untuk mencegah penjual tersebut kembali menjual rokok ilegal, maka kami berikan penyuluhan.”, ungkap Kepala Subseksi Penyuluhan, Didit Ghofar.

Selain mengedukasi para pemilik toko, tim juga membagikan brosur “Gempur Rokok Ilegal” kepada masyarakat yang berada di Pasar Tawar. Brosur tersebut berisi informasi mengenai ciri-ciri rokok ilegal serta nomor pengaduan dan media sosial Bea Cukai Kudus, dengan harapan apabila masyarakat menemukan rokok ilegal dapat melaporkannya ke Bea Cukai Kudus.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dan kerjasama positif dari masyarakat sekitar serta para pelaku usaha, mengingat rokok ilegal tak hanya mengakibatkan tidak terpenuhinya penerimaan negara namun juga mengancam kesehatan masyarakat.