Bea Cukai Kudus Bersinergi dengan Setda Kabupaten Blora dalam Sosialisasikan Ketentuan dibidang Cukai

509

Selasa (24/09) bertempat di Gedung Pertemuan Setda Kabupaten Blora, Bagian Perekonomian Setda Blora mengadakan sosialisasi ketentuan dibidang cukai yg dihadiri oleh Instansi-instansi terkait yang mendapatkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di Kabupaten Blora. Acara dibuka langsung oleh Komang selaku Setda Kabupaten Blora pukul 09.30 WIB. “Diharapkan sosialisasi ini dapat menambah wawasan dan informasi kita mengenai ketentuan di bidang cukai, dan mungkin kita dapat lebih memanfaatkan media seperti baliho dan videotrone yang ada di kab blora, guna mengefektifkan sosialisasi ketentuan cukai pada masyarakat blora.”Buka Komang.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Didit Ghofar selaku Kasubsi Penyuluhan pada Kantor Bea Cukai Kudus. Didit menyampaikan bahwa pemerintah menerapkan keadilan dalam hal pemungutan cukai pada Barang Kena Cukai (BKC) khususnya Hasil Tembakau. “Selain memungut cukai pada hasil tembakau, pemerintah juga mengembalikan hasil pungutan cukai tersebut kepada masyarakat, salah satunya disalurkan ke dalam dana kesehatan, sehingga keadilan pun dpt diterapkan bagi masyarakat yg terkena dampak buruk oleh perokok aktif.” Terus Didit.

Pemaparan materi dilanjutkan oleh Wahyu, selaku sekretariat DBHCHT Provinsi Jawa Tengah. Wahyu menyampaikan informasi mengenai pengelolaan DBHCHT di Jawa Tengah. “Diharapkan dengan adanya DBHCHT ini, Provinsi Jawa Tengah dapat memunculkan cikal bakal industri yang berkembang serta dapat menjadi industri yang mengimport.” Papar Wahyu.

Dengan diadakan sosialisasi ketentuan dibidang cukai ini diharapkan dapat menambah wawasan dan mengedukasi para instansi terkait guna mensinergikan dalam dunia kerja untuk dapat disosialisasikan kembali kepada masyarakat.