Arahan Kakanwil DJBC Jateng dan DIY Demi Bea Cukai Makin Baik

271

Kudus (24/09) – Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil DJBC Jateng dan DIY), Parjiya, memberikan arahan kepada para pejabat dan seluruh pegawai di lingkungan Kantor Bea Cukai Kudus. Ia didampingi Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan (Kabid P2) Kanwil Jateng dan DIY, Gatot Sugeng Wibowo, dan Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Iman Prayitno.

Dalam arahannya, Parjiya menyampaikan tentang predikat WBK/WBBM yang baru-baru ini didapatkan beberapa kantor pelayanan dibawah Kanwil DJBC Jateng dan DIY. Bea Cukai Kudus sebagai kantor yang telah mendapatkan predikat WBK sejak tahun 2014 harus tetap menjaga semangat anti korupsi dalam bekerja.

Kita bekerja melaksanakan tugas dan fungsi kita, sesuai yang telah diamanahkan. Dalam bekerja hendaknya tidak ada konflik kepentingan. “Ketika tidak ada konflik kepentingan, pekerjaan itu akan mudah untuk diselesaikan.” jelas Parjiya
Hal selanjutnya yang disampaikan adalah mengenai rencana kenaikan tarif cukai dengan besaran kenaikannya rata-rata 23%, yang akan diberlakukan mulai tahun depan. Pemerintah telah mempertimbangkan kenaikan cukai ini dari berbagai aspek. Karena cukai mempunyai keterkaitan dengan sektor lainnya seperti industri dan sektor tenaga kerja.
“Dari sisi penerimaan Bea Cukai Kudus mempunyai peran penting dalam memenuhi target penerimaan di Kanwil Jateng dan DIY. Dari target yang dimiliki Kanwil sebesar 40,4 triliun, Bea Cukai Kudus memiliki kontribusi sebesar 32 triliun.” terang Parjiya.

Arahan kemudian dilanjutkan oleh Kabid P2 Kanwil Jateng dan DIY. Arahan yang disampaikan yaitu mengenai penyidikan di Bea Cukai Kudus agar ditingkatkan jumlahnya. Seperti tahun sebelumnya tiga penghargaan terkait penyidikan telah diterima Bea Cukai Kudus. Hal ini seharusnya menjadi penyemangat untuk terus meningkatkan prestasi. Selain itu, disampaikan juga mengenai rokok ilegal yang masih beredar di masyarakat, menjadi tugas kita bersama.

Terakhir, Parjiya berpesan kepada seluruh pegawai Bea Cukai Kudus untuk terus menjaga etika dalam bekerja dan menguatkan mental anti korupsi, untuk Bea Cukai Makin Baik.