Sinergi Bea Cukai Kudus dan Pemda Jepara Sosialisasikan “Legal Itu Mudah”

353

Kudus (16/9) Senin, 16 September 2019, Bea Cukai Kudus bekerja sama dengan Pemda Jepara melalui Bagian Hukumnya menggelar sosialisasi kepada masyarakat. Mengambil tema “Legal Itu Mudah” kegiatan ini dibiayai oleh Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Acara yang diselenggarakan di Balai Desa Pekalongan Kec. Batealit – Jepara dihadiri oleh perwakilan masyarakat yang terdiri dari para penjual rokok eceran, ibu-ibu PKK dan aparat desa. Sosilaisasi ini penting untuk dilakukan dalam mengedukasi masyarakat bahwasannya untuk menjadi pengusaha hasil tembakau itu mudah. Di era digital sekarang, proses perijinan untuk mendapatkan Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai (NPPBKC) serba mudah, serba cepat dan serba gratis.

Hadir sebagai narasumber, Dwi Prasetyo Rini, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kudus dan Andung Heriawan. Rini banyak memaparkan materi terkait cukai. Mulai konsep dasar cukai, ciri-ciri rokok ilegal beserta sanksi hukumnya. “Rokok illegal adalah rokok yang tidak ada bandrolnya (pita cukai),” tegas Rini. Cara paling gampang mengenali rokok ilegal adalah dari harganya. Rokok SKM yang dijual di bawah harga Rp5.000,- patut dicurigai sebagai rokok ilegal.

Materi dilanjutkan tentang pemaparan untuk mendapatkan NPPBKC oleh Andung Heriawan. Setiap orang yang ingin memproduksi rokok wajib memiliki NPPBKC. NPPBKC adalah ijin yang dikeluarkan oleh Bea Cukai sebagai syarat apabila ingin menjalankan usaha sebagai pengusaha Barang Kena Cukai. Persyaratan untuk mendapatkan NPPBKC sangat mudah, yaitu mengajukan permohonan kepada Bea Cukai terdekat dilampiri dengan Berita Acara Pemeriksaan dan Nomor Induk Berusaha (NIB). NIB dapat diperoleh dengan mengakses Online Single Submission (OSS) melalui laman www.oss.go.id. Permohonan untuk mendapatkan NPPBKC bisa dilakukan secara online, jadi masyarakat tidak perlu datang ke kantor Bea Cukai.

Dengan berbagai kemudahan yang diberikan, diharapkan masyarakat memahaminya bahwasannya untuk menjadi legal itu ternyata mudah. Bahkan bisa dilakukan dari rumah. Asalkan ada koneksi internet, semua bisa dilakukan. Lebih lanjut diharapkan masyarakat Jepara dapat memahami ketentuan di bidang cukai serta dapat ikut berpartisipasi memerangi peredaran rokok ilegal. Caranya adalah dengan menyampaikan informasi apapun terkait rokok ilegal. Informasi dapat disampaikan ke Bea Cukai Kudus melalui berbagai saluran pengaduan, bisa datang langsung, melalui telpon, whatsapp, media social, ataupun melalui email.