PPKP Kenalkan Urgensi Pembinaan Mental Nasional pada Pegawai

510

Kudus (17/09) – Bea Cukai Kudus mengadakan Program Peningkatan Keterampilan Pegawai (PPKP) terkait Urgensi Pembinaan Mental Nasional (Bintalnas) pada Selasa, 17 September 2019. Bertempat di aula antor, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai Bea Cukai Kudus. Materi PPKP disampaikan oleh Dwi Prasetyo Rini selaku Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi. Materi ini adalah oleh-oleh setelah mengikuti kegiatan Training of Trainer (ToT) Pembinaan Mental Nasional Tahun 2019 di Kantor Pusat Bea dan Cukai.

Rini menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) telah membuat program pencegahan sebagai upaya penguatan reformasi birokrasi di lingkungan DJBC. Program pencegahan tersebut sejalan dengan pilar peningkatan kualitas dan pembinaan mental pegawai DJBC terutama pilar kompetensi dan mental.

Untuk meningkatkan kompetensi pegawai, DJBC telah menerapkan beberapa program kepada setiap pegawai baru. Beberapa program tersebut yaitu Customs on Boarding Programme (CBP), Kesamaptaan, Internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan dan Sikap Dasar DJBC, Customs and Excise Client Standard Charter, dan Implementasi Coaching Mentor Conseling.

“Kesamaptaan merupakan pelatihan teknis yang diselenggarakan untuk menanamkan prinsip bela negara dan rasa nasionalisme serta membentuk jiwa korsa di antara pegawai DJBC.” jelas Rini.

Lebih lanjut, untuk meningkatkan kualitas mental pegawai, DJBC telah melaksanakan berbagai terobosan. Hal-hal yang telah dilakukan adalah Pembinaan Mental; Pemantauan Perilaku dan Gaya Hidup, Media Sosial serta Komunitas; Bakti Sosial; dan Capacity Building. Selain itu, DJBC juga berencana untuk melaksanakan Forum Jaring Aspirasi dan Program Kakak Asuh.

Dari berbagai kegiatan dan program yang telah dicanangkan oleh DJBC, harapannya adalah agar setiap pegawai memiliki iman kuat dan akhlak mulia, mempunyai semangat juang yang tinggi dalam bekerja serta memiliki jiwa nasionalisme dalam dirinya. Hal ini penting dimiliki oleh masing-masing pegawai dalam menjalankan tugasnya sehari-hari sebagai Aparatur Sipil Negara Bea Cukai yang penuh dengan tantangan dan godaan.