Sinergi Bea Cukai Kudus dan Kanwil DJBC Jateng dan DIY Gempur Rokok Ilegal

463

Mendapat informasi dari masyarakat akan adanya bangunan yang diduga digunakan untuk menimbun/mengemas barang kena cukai hasil tembakau (BKC HT) berupa rokok yang diduga ilegal, Tim Bea Cukai Kudus dan Tim P2 Kanwil Jateng dan DIY segera menindaklanjuti. Pada Selasa, 27 Agustus 2019, tim melakukan penindakan terhadap bangunan tersebut yang berada di wilayah Jepara.

Sekitar pukul 15.20 WIB, tim melakukan pemeriksaan pada bangunan yang diinformasikan yang berlokasi di Desa Pecangaan Wetan, Kecamatan Pecangaan. Saat dilakukan pemeriksaan, petugas tidak mendapati adanya orang yang menghuni bangunan tersebut, petugas kemudian menemukan rokok ilegal jenis SKM dengan jumlah 264.000 batang. Perkiraan nilai barang rokok tersebut ialah Rp188.760.000,- dengan potensi kerugian negara Rp124.625.160,-. Untuk keperluan lebih lanjut, petugas membawa barang bukti ke kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pengamanan.

“Bea Cukai Kudus akan terus berkomitmen menggempur rokok ilegal dengan berbagai upaya. Hal ini dilakukan dalam rangka memenuhi amanat Menteri Keuangan untuk menekan terus peredaran rokok ilegal hingga 3% pada tahun ini,” jelas Iman Prayitno, selaku Kepala Kantor Bea Cukai Kudus.

Dari bulan Januari hingga 27 Agustus 2019, Bea Cukai Kudus berhasil melakukan 90 kali penindakan di bidang cukai dan berhasil menyelamatkan potensi kerugian negara kurang lebih sebesar enam milyar rupiah. Hal ini dapat dicapai berkat sinergi yang baik antara Bea Cukai Kudus dengan masyarakat dalam usahanya memberantas rokok ilegal.