Sukseskan Bulan Pembinaan IT Inventory, Bea Cukai Kudus Asistensi Perusahaan Kawasan Berikat

788

Kudus (21/08) – Sesuai dengan arahan Direktur Fasilitas Kepabeanan, Bea Cukai Kudus memberikan asistensi dan pembinaan IT Inventory terhadap perusahaan pengguna fasilitas kawasan berikat di wilayah kerjanya. Kegiatan yang bertajuk Bulan Pembinaan dan Penegakan IT Inventory ini, berlangsung mulai dari bulan April sampai dengan Agustus 2019. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan arahan kepada perusahaan kawasan berikat untuk melakukan perbaikan IT Inventory perusahaannya.

Pada Rabu (21/08), Bea Cukai Kudus melakukan asistensi kepada PT Hwa Seung Indonesia di Ruang Rapat Kepala Kantor. Sejak bulan April 2019, Bea Cukai Kudus telah mengasistensi semua pengusaha kawasan berikat. Selama asistensi tersebut, hanya ada 2 (dua) perusahaan kawasan berikat yang memenuhi kriteria penilaian (a). IT Inventory merupakan teknologi informasi untuk pengelolaan pemasukan dan pengeluaran barang yang berupa subsistem dari sistem informasi akuntansi yang menghasilkan informasi laporan keuangan.

IT inventory yang diinginkan Bea Cukai adalah yang termasuk dalam kriteria (a)/(b) sesuai Nota Dinas Direktur Fasilitas Kepabeanan. Kriteria (a) adalah perusahaan kawasan berikat hanya melakukan 1 (satu) sistem pencatatan pembukuan dimana IT inventory merupakan bagian dari sistem pencatatan tersebut. Sedangkan kriteria (b) adalah perusahaan kawasan berikat menggunakan 2 (dua) aplikasi, yang pertama adalah sistem aplikasi dan pembukuan utama, dan yang kedua adalah IT inventory, dimana keduanya saling terintegrasi dan menggunakan sumber yang sama dalam pencatatan keluar masuk barang. Perusahaan kawasan berikat harus berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan sampai waktu yang sudah ditentukan, yaitu bulan November 2019. Jika tidak, maka izin kawasan berikat perusahaan tersebut dapat dibekukan.

Diharapkan dengan dilaksanakannya asistensi ini, perusahaan kawasan berikat dapat memperbaiki sistem IT inventorynya sesuai dengan kriteria yang dipersyaratkan oleh Bea Cukai. IT inventory yang baik akan bermanfaat bagi pengusaha maupun bagi Bea Cukai.