Akhiri Masa PKL, Mahasiswa PKN STAN Berikan Inovasi

535

Kudus (16/8) – 10 mahasiswa PKN STAN berkumpul di ruang rapat Bea Cukai Kudus pada Kamis (15/08) untuk melakukan presentasi sebagai bentuk laporan pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan. Mahasiswa D I Kepabeanan dan Cukai memaparkan materi yang telah mereka pelajari selama 4 minggu di Kantor Bea Cukai Kudus.

Teknis pelaksanaan presentasi dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mempresentasikan tentang Pelekatan Pita Cukai yang Tidak Sesuai dengan Peruntukannya serta kelompok kedua mempresentasikan tenatng Penetapan Tarif Cukai HT Terhadap Merek Baru.

Presentasi berjalan dengan lancar dihadapan para pembimbing dan penguji yang merupakan para pejabat eselon IV dan eselon V Bea Cukai Kudus. Dalam kesempatan tersebut, para pembimbing dan penguji menyampaikan pertanyaan dan masukan terhadap materi yang dipaparkan. Indra Gunawan, selaku penguji, menanyakan kepada kelompok dua tentang bagaimana sikap Bea Cukai terhadap penetapan tarif atau HJE yang telah diterbitkan terhadap merek yang sama milik pabrik rokok lain yang izinnya telah dicabut.

Selain itu, mahasiswa PKN STAN juga menyumbangkan inovasi. Salah satunya untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pelekatan pita cukai yaitu dengan melakukan profiling dan pengecekan secara berkala kepada pabrik hasil tembakau.

“Semoga acara hari ini bisa menjadi bekal setelah lulus PKN STAN dan bertugas di DJBC.”, tutur Rianto Setijohadi, selaku penguji presentasi.