Lebih Dekat Generasi Milenial, Bea Cukai Kudus Adakan Customs Goes To School

640

Kudus (14/08) – Bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-58, Bea Cukai Kudus mengadakan kegiatan Customs Goes To School (CGTS) pada Rabu (14/08) di SMA Negeri 2 Pati. Sebanyak 432 siswa kelas 12 jurusan IPA dan IPS mengikuti kegiatan tersebut. CGTS diselenggarakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan generasi millenials tentang Bea Cukai, salah satu instansi di Indonesia yang memiliki peran penting dalam penerimaan negara.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 10.00 WIB dengan tema ‘Meraih Cita Membangun Bangsa’. Kegiatan CGTS bukan kegiatan sosialisasi atau talk show seperti pada umumnya, namun kegiatan tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga mudah dipahami dan tidak monoton. Terlihat seluruh siswa mengikuti rangkaian kegiatan dengan penuh antusias.

Iman Prayitno, selaku Kepala Kantor Bea Cukai Kudus turut hadir dalam acara ini. Iman menyampaikan bahwa pada kesempatan ini, seluruh siswa SMA Negeri 2 Pati dapat belajar mengenai tugas dan fungsi Bea Cukai serta menambah wawasan tentang PKN STAN.

Didit Ghofar, selaku Kasubsi Penyuluhan memberikan pemaparan materi. Materi disampaikan dengan menampilkan 3 buah drama yang diperankan oleh pegawai Bea Cukai Kudus dan mahasiswa PKL dari PKN STAN. Adegan pertama menyampaikan materi mengenai tugas dan fungsi Bea Cukai di Bandara sebagai comunity protector, tentang barang bawaan penumpang yang dilarang dan dibatasi untuk masuk ke Indonesia. Selanjutnya, penyampaian materi tentang barang kiriman, bahwa setiap orang dapat melakukan tracking terhadap barang kiriman yang diimpor dari luar negeri melalui call center Bea Cukai, untuk menghindari penipuan yang mengatasnamakan Bea Cukai. Serta adegan ketiga menyampaikan materi mengenai tugas dan fungsi Bea Cukai sebagai revenue collector, terutama cukai hasil tembakau, dan materi penindakan rokok ilegal.

“For the first time, ini merupakan sosialisasi paling seru dan ngga bosenin.”, ungkap Elsya, salah satu pelajar SMA Negeri 2 Pati.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan generasi millenials bisa lebih mengenal Bea Cukai.