Bea Cukai Kudus Terus Bergerak Berantas Rokok Ilegal

578

Kudus (09/08) Bea Cukai Kudus tak henti-hentinya melakukan penindakan terhadap rokok ilegal yang masih beredar di masyarakat. Penindakan itu merupakan upaya untuk mendukung misi Bea Cukai menurunkan tingkat peredaran rokok ilegal dari yang sebelumnya 7 persen menjadi 3 persen.

Menjelang Zuhur, tim Bea Cukai Kudus melakukan penindakan terhadap salah satu bangunan di Desa Kriyan, Kalinyamatan, Jepara. Sebelumnya, tim memperoleh informasi dari masyarakat bahwa bangunan tersebut menjadi tempat penimbunan/pengemasan Barang Kena Cukai Hasil Tembakau (BKC HT) ilegal. Setelah tim memasuki bangunan, ditemukan BKC HT yang dimaksud berupa rokok batangan jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM) ilegal dan rokok siap edar tanpa dilekati pita cukai.

“Kami melakukan penindakan terhadap 276.000 batang rokok yang diduga melanggar ketentuan di bidang cukai dengan perkiraan potensi kerugian negara yang diselamatkan yaitu sebesar Rp 130.289.940,00,” jelas Iman Prayitno, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus.

Selain mengamankan ratusan ribu batang rokok ilegal, tim juga berhasil mengamankan 72 roll kertas pembungkus filter rokok (Cigarette Tipping Paper/CTP) dan satu buah alat pemanas yang digunakan dalam proses produksi.

Seluruh barang hasil penindakan dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp 197.340.000,00 diamankan di Kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.