Wujudkan Program Gencar Ekspor dengan Fasilitas KITE IKM

548

Dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai pusat Moslem Fashion dan Halal Food, telah diselenggarakan workshop hari ini (25/7) di PT. Tjiwulan Putra Mandiri Tasikmalaya. Kegiatan dihadiri oleh Pengusaha IKM di wilayah Provinsi Jawa Barat, K/L terkait, dan Kepala KPPBC di lingkungan Kanwil NC Jabar.

Kegiatan dibuka langsung oleh Direktur Fasilitas Kepabeanan, Oentarto Wibowo, kemudian dilanjutkan pemaparan materi dan diskusi panel oleh DJBC, DJP, PKN STAN, Kementerian UKM dan Koperasi, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Bank Indonesia serta Platform E-commerce, Shopee dan Blibli serta dimoderatori oleh Tenaga Pengkaji Nugroho Wahyu Widodo.

Melalui kegiatan ini, Bea Cukai mengharapkan para pengusaha IKM yang hadir untuk dapat memanfaatkan secara maksimal fasilitas KITE IKM, dengan menjadikan kesuksesan PT. Tjiwulan Putra Mandiri sebagai contoh dalam mengekspor busana muslim dengan fasilitas KITE IKM, Bea Cukai mengharapkan pengusaha IKM lain untuk dapat ikut memanfaatkan fasilitas tersebut khususnya dalam mengekspor Moslem Fashion dan Halal Food, sehingga Indonesia dapat menjadi pusat bagi kedua komoditas tersebut.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen dukungan K/L untuk kegiatan ekspor pengusaha IKM. Peserta juga berkesempatan melaksanakan kunjungan ke pabrik (factory visit) PT. Tjiwulan Putra Mandiri untuk melihat proses produksi.