Bea Cukai Kudus Menerima Mahasiswa PKL dari D I Kepabeanan dan Cukai PKN STAN 2019

918

Kudus (29/7) – Sudah seminggu ini, tampak beberapa mahasiswa dari PKN STAN dengan seragam hitam putihnya di Kantor Bea Cukai Kudus. Mereka merupakan mahasiswa Program Studi D I Kepabeanan dan Cukai semester genap yang akan melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL). PKL akan dilaksanakan hingga 16 Agustus 2019, merupakan salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa D I Kepabeanan dan Cukai. Hasil PKL nantinya akan dituangkan dalam bentuk Laporan Akhir.

Praktik Kerja Lapangan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir sebagai bentuk implementasi dari program studi yang dipelajari melalui kegiatan kerja secara langsung di kantor. Tujuan dilaksanakannya PKL ini adalah untuk mendapatkan pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja sesungguhnya. Di Kantor Bea Cukai Kudus sendiri, mahasiswa PKL akan ditempatkan di delapan seksi.

Jumlah mahasiswa yang PKL di Kantor Bea Cukai Kudus ada 10 orang. Setiap mahasiswa PKL akan dirolling pada seksi yang berbeda setiap minggunya. Tiap seksi akan diisi oleh 1 sampai 2 mahasiswa PKL. Dari sistem rolling ini, mahasiswa PKL bisa merasakan perbedaan tugas dan fungsi dari tiap seksi. Mereka mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu dari tiap-tiap seksi.

Pada minggu pertama PKL, mereka rutin melaksanakan apel setiap pagi dan sore hari. Pengambil apel merupakan pegawai Kantor Bea Cukai Kudus yang menjabat sebagai Kasubsi. Pada apel pagi pertama, Kaur Tata Usaha dan Kepegawaian, Antonius Ade Pramana, menyambut kedatangan kepada mahasiswa yang akan PKL di Kantor Bea Cukai Kudus dan memberikan semangat supaya dapat melaksanakan PKL dengan baik.

Selama menimba ilmu di kantor, mahasiswa PKL belajar budaya kerja sebagai bekal dan gambaran saat nanti sudah menjadi abdi negara. Contohnya, datang sebelum jam kerja dimulai, mengerjakan tugas sesuai perintah dan mengikuti kegiatan kantor lainnya. Namun yang paling penting adalah etika yang baik saat berada di lingkungan kantor seperti menyapa dan menunjukkan sikap sopan santun kepada semua pegawai.