Sosialisasi Peredaran Rokok Ilegal Mengudara di Jepara

353

Kudus (22/07) – Pada Jumat (19/07/2019), Bea Cukai Kudus melaksanakan talkshow dengan membahas tugas dan fungsi Bea Cukai serta Pelanggaran di Bidang Cukai di Radio Kartini Jepara, pukul 10.15-11.15 WIB. Kegiatan ini merupakan sinergi antara Bea Cukai Kudus dengan Pemerintah Daerah Jepara untuk memerangi peredaran rokok ilegal.

Arif Darmawan selaku penyiar Radio Kartini memandu jalannya talkshow. Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi, Dwi Prasetyo Rini dan Kepala Subseksi Layanan Informasi, Andung Heriawan, selaku narasumber memaparkan materi mulai dari tugas pokok dan fungsi Bea Cukai, jenis barang kena cukai, macam-macam rokok ilegal, hingga sanksi pelanggaran di bidang Cukai.

“Macam-macam rokok ilegal adalah rokok polos, rokok dengan pita cukai palsu, rokok dengan pita bekas, rokok dengan pita cukai bukan peruntukan, serta rokok dengan pita cukai bukan haknya. Jadi setiap orang yang berurusan dengan rokok ilegal akan dikenakan sanksi pidana berupa pidana denda dan pidana penjara sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.” ungkap Dwi Prasetyo Rini.

Dalam jalannya talkshow, terdapat sesi dialog interaktif bersama masyarakat melalui telepon dan Whatsapp. Raiha, salah satu penanya, menanyakan tentang langkah apa saja yang telah dilakukan Bea Cukai untuk memberantas rokok ilegal di Jepara.

“Langkah untuk memberantas rokok ilegal telah banyak kita lakukan diantaranya diantaranya yaitu perbanyak sosialisasi ke masyarakat dan pedagang rokok serta pemasangan baliho Gempur Rokok Ilegal di Pasar Kalinyamatan.” papar Andung saat memberikan jawaban.

Kegiatan talkshow ini merupakan salah satu cara Bea Cukai Kudus untuk menyebarkan informasi mengenai tugas dan fungsi Bea Cukai dalam jangkauan masyarakat yang lebih luas. Tingginya antusiasme masyarakat Jepara terhadap on air talkshow , dibuktikan dengan banyaknya line whatsapp dan juga telepon yang masuk ke redaksi diharapkan mampu mengedukasi masyarakat tentang bahaya rokok ilegal.