Sisir Pantai Utara, Bea Cukai Kudus Lakukan Penyuluhan dan Operasi

464

Pada Kamis (18/07), Bea Cukai Kudus melaksanakan kegiatan Sosialisasi Keliling dan Operasi Pasar di wilayah Rembang. Sosialisasi ini ditujukan untuk memberikan edukasi tentang ketentuan di bidang cukai terutama pada pelanggaran mengenai peredaran rokok ilegal.

Pada kegiatan ini, tim Bea Cukai Kudus menyisir toko kelontong yang berada di sepanjang jalan Kecamatan Sluke, Rembang. Tim terlebih dahulu menjelaskan mengenai ciri-ciri rokok ilegal dan sanksi yang diberikan jika terlibat dalam kegiatan peredaran rokok ilegal.

Kemudian, tim melakukan operasi dengan memeriksa stok penjualan rokok di toko tersebut. Dari lima toko yang dikunjungi, terdapat satu toko yang kedapatan menyimpan rokok ilegal. Atas barang tersebut, dilakukan penyitaan dengan dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus.

Sebagai bentuk kampanye untuk menekan peredaran rokok ilegal, tim memberikan leaflet ciri-ciri rokok ilegal dan menempelkan stiker “Gempur Rokok Ilegal” di setiap toko. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat terutama yang berkaitan langsung dengan peredaran barang kena cukai berupa hasil tembakau dapat memahami tentang ketentuan dan pelanggaran di bidang cukai, sehingga dapat mengurangi peredaran rokok ilegal.