Bea Cukai Kudus Kunjungi Perusahaan Furniture di Jepara Tawarkan Fasilitas KITE

887

Sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor: PER-42/BC/2017 tentang Agen Fasilitas Tempat Penimbunan Berikat dan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi (PLI) dan Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai (PKC) merupakan agen fasilitas yang mempunyai tugas diantaranya melakukan penggalian potensi perusahaan industri yang belum menggunakan fasilitas dan melakukan asistensi dan edukasi kepada perusahaan pengguna fasilitas.

Dalam rangka melaksanakan amanat peraturan tersebut, Bea Cukai kudus melakukan kunjungan kerja ke PT Maxim Indowood yang beralamatkan di Desa Bandengan RT13 RW04, Rw. 03, Kec. Jepara, Kab. Jepara. Kunjungan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 26 Juni 2019. Hadir dalam kunjungan tersebut adalah Andung Heriawan selaku Plt. Kasubsi Layanan Informasi dan Tegar Tri Yudanto selaku pelaksana. Bea Cukai Kudus diterima oleh Nining, selaku perwakilan perusahaan pada bagian eksim.

Setelah dilakukan penggalian informasi dari eksimnya, PT Maxim Indowood merupakan perusahaan manufaktur yang berdiri sejak tahun 1998 dan bergerak di bidang permebelan. Dengan omset kurang lebih 90 miliar setiap tahunnya, PT Maxim Indowood mampu mengekspor produk jadi rata-rata 2-3 kontainer 40’ tiap minggunya.
“Sebagian besar bahan baku kami adalah kayu oak yang diimpor dari Belgia, Perancis dan Jerman baik dalam bentuk gergajian maupun dalam bentuk kayu log,” papar Nining. “Selain kayu oak, kami juga mengimpor veneer, papan MDF, asesoris seperti engsel dan handle serta bahan finishing,” imbuhnya.

Andung menyatakan bahwasannya fasilitas KITE adalah pembebasan Bea Masuk serta tidak dipungut PPN atas importasi bahan baku yang akan diolah, dirakit atau dipasang pada barang lain untuk tujuan ekspor. Tentu saja dengan menyerahkan jaminan. Dengan memakai fasilitas KITE perusahaan dapat berhemat dari segi biaya produksi. Bahan baku yang diimpor tidak perlu lagi harus membayar Bea Masuk dan PPN. Hal ini tentunya akan meningkatkan daya saing harga produksi di kancah perdagangan internasional. Pemberian fasilitas KITE kepada industri dalam negeri sejalan dengan tugas Bea Cukai sebagai trade fasilitator dan industrial assistance.